Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu Bapak Tarbarita Simorangkir, S.SiT MH., dan jajaran bersama Ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Rokania Dr. Desmelati, M.Sc., Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II, dosen dan mahasiswa melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu dengan STKIP Rokania tahun 2020 di ruang Zona Integritas, Senin, 25/2/20.

Dalam MOU tersebut ditesepakati beberapa hal diantaranya tentang pemanfaatan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu, mengingat di perguruan tinggi umumnya ada program magang bagi mahasiswa, maka dalam MOU tersebut juga disepakati pelaksanaan magang bagi mahasiswa.

Ikut serta mensukseskan penyerahan sertifikat langsung kepada masyarakat juga termasuk dalam bagian MOU tersebut. Hal ini didasari karena Kantor Kementrian Agraria Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)‎ memprogramkan 1000 Sertifikat Tanah Wakaf gratis. Prorgram 1000 tanah wakaf tersebut juga merupakan bagian dari 9 juta Persil Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara nasional yang dicanangkan Presiden Jokowidodo. Tarbarita juga menyampaikan harapanya untuk Program 1000 Serifikat Tanah Wakaf yang pertama kali diprogramkan oleh BPN Rohul mulai tahun ini menjadi inovasi sesuai arahan Menteri Agraria, dan menyebar menjadi kegiatan nasional.

MOU yang ditandatangi oleh kedua belah pihak juga menetapkan pentingnya pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan edukasi, pelatihan, workshop, dan pembentukan kampong agraria. Bagian terakhir dari MOU tersebut adalah  pemanfaatan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) serta penyerapan calon lulusan mahasiswa.

Ketua STKIP Rokania, Dr. Desmelati pada kesempatan itu turut memberikan tanggapan positif tentang MOU yang dilaksanakan tersebut. Beliau menyebutkan bahwa sinergisitas antar lembaga perlu dikembangkan untuk kemajuan bersama. “Kita berhrap dari pelaksanaan MoU antara Pemkab (Kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu) dengan Rokania, terbangun sinergitas dalam mengoptimalkan apa yang sudah disepakati bersama. Tentu perlu dukungan seluruh pihak dan kerja keras bersama,’’ ujarnya

Dr. Desmelati  juga menyebutkan perihal MOu tersebut nantinya akan membantu dan memudahkan para dosen yang melakukan penelitian.

“Salah satu fokus kita di Rokania adalah melakukan penelitian dan pengembangan, sehingga MOU dengan pihak BPN ini sangat penting terutama soal penelitian. Nantinya mahasiswa kita juga bisa dilibatkan dalam mensukseskan program pemerintah, sehingga terlihat sinergisitas antara kita dan pemerintah untuk kepentingan masyarakat tentunya,” imbuhnya.

Bagikan :