Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu Bapak Tarbarita Simorangkir, S.SiT MH., menerima 21 mahasiswa STKIP Rokania yang magang di kantor Badan Pertanahan Negera (BPN) Kabupaten Rokan Hulu, Senin 2 Maret 2020. Program magang ini adalah hasil dari MoU yang ditandatangai oleh kedua belah pihak beberapa hari yang lalu. Bapak Tarbarita memberikan sambutan yang hangat ketika acara penyerahan mahasiswa tersebut dimulai. Beliau memberikan apresiasi kepada STKIP Rokania karena dengan kerjasama ini menurutnya akan memberikan dampak positif bagi BPN Rohul dan kepada Kampus Rokania. “Kehadiran adik-adik mahasiswa disini akan memberikan dampak besar bagi semua. Adik-adik mahasiswa akan mendapatkan wawasan, pengalaman, motivasi, dan pengetahuan bagaimana bekerjasama dalam team BPN Rohul,” buka beliau.

Menurutnya pula, program ini akan membuka wawasan dan pengalaman mengabdi di instansi pemerintahan atau perkantoran meskipun mahasiswa STKIP Rokania yang magang tersebut basic pendidikannya adalah guru. “Tidak tertutup kemungkinan bahwa yang kuliah di bidang keguruan, juga bisa bekerja di bidang perkantoran “, pungkasnya.

21 mahasiswa yang magang tersebut adalah mahasiswa yang lulus seleksi dari yang sebelumnya berjumlah 40 orang pendaftar.  Seleksi dilaksanakan di kampus Rokania pada Sabtu 29 Februasi 2020 lalu. Katua STKIP Rokania, Dr. Desmelati menyampaikan kepada redaksi bahwa tujuan seleksi ini, untuk memberikan mahasiswa yang terbaik dalam menjalankan program magang tersebut. “Semua mahasiswa yang ikut seleksi adalah mahasiswa yang kompeten dan terbaik. Tapi walau bagaimanapun, kita harus menyeleksi yang terbaik dari yang terbaik itu” katanya.

Mahasiswa yang lulus seleksi tersebut akan magang di kantor BPN Rokan Hulu selama 20 hari. Program kerja yang dilakukan oleh peserta magang adalah membantu BPN dalam berbagai program yang sudah ditetapkan oleh kantor BPN Rohul. Mahasiswa tersebut akan dibagi kebeberapa kelompok dengan program kerja yang berbeda sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh kantor BPN Rokan Hulu sendiri.

Dimintai keterangannya tentang program magang ini, Waka II STKIP Rokania, Putra Ginda, M.A., yang menyertai pengantaran mahasiswa magang tersebut menerangkan bahwa beberapa tujuannya dari program magang ini adalah untuk agar mahasiswa memperoleh ilmu dan pengalaman, serta  bagi pihak kampus dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah, khususnya dalam rangka mensukseskan program-program pemerintah daerah.

“Mudah-mudahan mahasiswa kita ini, di samping mereka memiliki dasar pengabdian, juga mereka mengetahui tentang bagaimana kedisiplinan, integritas yang diterapkan di kantor Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu. Mereka pun bisa memperoleh pengalaman itu untuk diterapkan dalam dunia kerja nantinya. Semoga ini ada manfaatnya, baik bagi kantor Pertanahan Rokan Hulu dan juga bagi pihak kampus STKIP Rokania”, kata beliau.   

Waka I Stkip Rokania, Adyanata, M.Kom., juga memberikan tanggapan yang senada tentang program magang tersebut. Ia menyebutkan bahwa kesempatan yang ada ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin karena akan memberikan dampak positif yang besar bagi mahasiswa STKIP Rokania. “Mahasiswa STKIP Rokania sebagai generasi yang berada pada masa produktif, memang dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan sebagai bekal menuju ketatnya kompetisi dunia kerja”, tutup beliau.

Bagikan :