STKIP Rokania melalui LPTK (Lembaga Penelitian Tenaga Kependidikan) mengadakan workshop Penguatan Karakter Peserta Didik Era Milenial Melalui Efektivitas Pembelajaran Menghadapi Globalisasi 4.0. kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai dari hari Jumat, 14 Februari sampai Ahad, 16 Februari 2020. Kegiatan berlangsung di aula STKIP Rokania dan diikuti oleh guru-guru di lingkungan Kabupatern Rokan Hulu dan dari kabupaten tetangga, Padang Lawas. Sebagian peserta juga terdiri dari mahasiswa STKIP Rokania sendiri yang pada umumnya sedang melaksanakan PLP I (Pengenalan Lapangan Persekolahan) ke beberapa sekolah yang tersebar di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu.

Kegiatan dibuka oleh ketua STKIP Rokania, Dr. Desmelati, M.Sc., dan dihadiri pula oleh kepala Dinas Dikpora kabupaten Rokan Hulu, Bapak Ibnu Ulya. Dalam sambutannya, kepala dinas Dikpora menyampaikan perlunya semangat dan antusias peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. “harapanya peserta tidak hanya mementingkan sertifikat, tapi lebih kepada pengalaman dan ilmu yang akan diraih agar dapat diaplikasikan dalam dunia pendidikan ketika kembali ke sekolah”, ucap beliau.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut Dr.Desmelati, M.Sc., (ketua STKIP Rokania) membawakan materi tentang Pentingnya Pendidikan untuk Penguatan Karakter Diri dalam Menata Kehidupan di Masa Depan. Pemateri kedua, Drs. Afrizal Tani, dari LPMP Riau, fasilitator Nasional Penguatan Pendidikan Karakter yang membawakan materi tentang Penguatan Karakter Melalui Implementasi Penyederhanaan Kurikum 2013. Dalam kegiatan itu pantia juga mengundang seorang Motivator Kepribadian, Astrid Candr Dewi, MBA, Phd yang membawakan materi tentang Penguatan Karakter Melalui Kepribadian Cerdas. Pemateri keempat Tarmuji, S.Pd, guru SD Negeri 002 Rambah sekaligus instruktur nasional kurikulum 2013 yang membawakan materi workshop tentang Penguatan Karakter Melalui Evaluasi Pembelajaran dan pemateri kelima dosen STKIP Rokania sendiri, Debby Indah, S.Si, M.Pd, AIFO-FIT yang membawakan materi tentang Penguatan Karakter Melalui Perilaku Hidup Sehat.

Pada kegiatan itu, ketua panitia Debby Indah menyatakan bahwa STKIP Rokania akan selalu berperan aktif dalam upaya mengembangkan pendidikan di Rokan Hulu khususnya dan Riau pada umumnya. “Kegiatan seperti ini akan selalu kita lakukan, karena akan berdampak sangat positif terhadap pendidikan kita”, kata beliau.

Antusias peserta terlihat ketika para pemateri menyampaikan materi dengan antusias serta enerjig. Salah seorang peserta dari Padang Lawas mengungkapkan bahwa kegiatan yang diikuti sangat menarik dan penting untuk guru-guru. “beruntung rasanya dapat mengikuti kegiatan ini, selain dapat materi dari pemateri yang enerjig juga pakar pada bidangnya, kami juga dapat kawan baru. Ngak rugi rasanya jauh-jauh kami datang dari Padang Lawan, Sumut”, ungkap Robinson, peserta dari Padang Lawas.

Bagikan :