Kampus STKIP ROKANIA, menerjunkan sebanyak 150 mahasiswa dari 3 program studi yang ada di STKIP Rokania untuk melaksanakan Praktek Lapangan Persekolahan II (PLP II). Adapun mahasiswa PLP II berjumlah 150 orang dan ditugaskan untuk sejumlah sekolah di beberapa Kecamatan, yaitu Kecamatan Rambah, Hilir, Samo, Bangun Purba, Ujung Batu, Kunto Darussalam, Tandun, dan Rokan IV Koto .

Untuk PLP II ini diikuti oleh mahasiswa semester VII yang sebelumnya sudah melaksanakan PLP I di beberapa sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA . Salah satu mahasiswa peserta PLP I, Rizal Efendi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) yang PLP di SMP N 1 Rambah mengungkapkan bahwa program PLP I yang telah diikutinya memberikan banyak pengalaman yang bermanfaat.

Banyak pengalaman yang saya dapat dari program PLP I ini, antara lain bisa memahami tugas seorang guru, mengetahui kepribadian dan karakter dari masing-masing peserta didik, mengetahui permasalahan dalam pembelajaran, dan juga menambah wawasan tentang cara pengajaran yang baik dari guru-guru yang berpengalaman.”kata beliau.

Septi Bunal Sari, S.Pd., M.Pd. selaku Guru Pamong PLP I di SMP N 1 Rambah mengaku cukup terbantu dengan keberadaan mahasiswa PLP  di sekolahnya. Para mahasiswa itu sendiri cukup membantu didalam proses belajar mengajar. Meskipun disini mereka itu praktek mengajar, tapi mereka banyak membantu dalam banyak hal, terutama dari segi administrasi dan lain-lain, karena meskipun itu bukan ranahnya, tapi pada saat mereka nanti menjadi guru yang sebenarnya,  mereka sudah terbiasa mengerjakan administrasi-administrasi yang dikerjakan oleh selayaknya seorang guru ungkap beliau.

Beliau juga menilai bahwa mahasiswa PLP di SMPN 1 Rambah khususnya dari STKIP ROKANIA secara umum semuanya baik. Namun demikian, sebagai mahasiswa yang baru belajar, tentunya ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam proses belajar mengajar, khususnya dari segi kesiapan mengajar dan manajemen waktu. Kesiapan dan manajemen waktu itu yang paling utama yang mereka hadapi. Perlu adanya kesiapan dan manajemen waktu yang baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan maksimal”, ujarnya. 

Dengan adanya mahasiswa PLP, pihaknya akan selalu mendukung dengan memberikan kesempatan yang luas kepada para mahasiswa untuk PLP di sekolahnya. Kita memberikan peluang terbuka untuk para mahasiswa karena biar bagaimanapun, sebagai calon guru kan perlu tempat belajar, jangan sampai para mahasiswa itu malah tidak ada tempat untuk belajar, tapi tetep diberi waktu. Harapannya, semoga STKIP ROKANIA sukses dalam membina para mahasiswa sehingga kedepan nanti para

Bagikan :