Langkitin, Sabtu 10 Agustus 2019, Pencapaian rating STKIP Rokania meningkat drastis di tingkat nasional melalui pemenangan hibah oleh dosen-dosen tetap STKIP Rokania dalam tiga tahun terakhir.  Pada pengusulan penelitian tahun 2016  pendanaan tahun 2017 hanya  satu orang dosen yang meraih dana hibah penelitian dengan perolehan dana Rp. 20. 000. 000,- (Dua puluh juta rupiah) pada skema Hibah Kompetitif Nasional khusus Penelitian Dosen Pemula.   Pada tahun 2017 tersebut ada sebanyak 5 dosen yang mengajukan tapi hanya satu orang dosen yang lolos hibah penelitian tersebut yaitu Pariang Sonang Siregar, S.Pd.,M.Pd.  Sedikitnya penelitian dosen yang lolos ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan semangat dosen dalam meneliti. Ini menjadi evaluasi penting bagi LPPM STKIP Rokania kala itu agar lebih giat dalam memotivasi dosen-dosennya dalam meneliti melalui mengadakan pelatihan-pelatihan di tingkat Perguruan Tinggi.

            Melalui beberapa pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh Ketua LPPMSTKIP Rokania pada tahun 2017 terhadap dosen-dosen STKIP Rokania, maka berpengaruh kepada meningkatnya motivasi dan pengetahuan dosen dalam melakukan penelitian. Pada tahun 2017 pendanaan 2018 dosen-dosen yang mendapatkan dana hibah penelitian meningkat menjadi 7 orangdengan nilai kontrak : Rp. 129. 478. 000,-( Seratus dua puluh Sembilan juta empat ratus tujuh puluh delapan ribu rupiah. Hal ini membuktikan bahwa STKIP Rokania bisa bersaing di tingkat nasional dalam perolehan hibah penelitian kemeristekdikti 2018.

               Pada tahun 2018 ketua STKIP Rokania (Dr. Desmelati, M.Sc)  bersama ketua LPPM  STKIP Rokania (Rita Arianti, S.Pd.,M.Pd) lebih bekerja keras untuk meningkat animo dosen-dosen untuk meneliti dan mendapatkan dana hibah penelitian Kemenristekdikti. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rating perguruan tinggi di tingkat nasional. Peningkatan animo ini dilakukan melalui pengiriman beberapa dosen untuk ikut pelatihan perancangan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan kopertis X di wilayah Sumbar-Riau-Jambi secara bertahap. Ternyata program ini membantu dosen untuk  bisa mengembangkan diri  dan menambah pengetahuan  dalam perancangan penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2018.  Pada tahun 2019 dosen-dosen STKIP Rokania meraih dana hibah kompetitif nasional skema Penelitian Dosen Pemula sebanyak 11 orang dengan nilai kontrak RP. 151. 790.000,- (Seratus Lima puluh satu juta tujuh ratus Sembilan puluh ribu rupiah).   Pencapaian ini merupakan pencapaian yang gemilang berkat kerjasama antara dosen-dosen  di STKIP Rokania dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi khususnya penelitian. Semoga pada tahun-tahun berikutnya STKIP Rokania juga diberikan kesempatan oleh Kemenristekdikti untuk memperoleh dana hibah penelitian lebih banyak lagi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, ipteks keguruan dan ilmu pendidikan sesuai visi dan misi STKIP Rokania.

Bagikan :