BR,  Senin (12/08) pukul 08.00 WIB, di Halaman Kampus  STKIP Rokania, Rokan Hulu dilaksanakan pemotongan hewan Qurban. Pemotongan hewan Qurban tersebut dihadiri oleh ketua STKIP Rokania, Dr. Desmelati, M.Sc para dosen, karyawan dan masyarakat sekitar STKIP Rokania.

Program qurban ini tiap tahun dilaksanakan mulai sejak awal berdirinya kampus STKIP Rokania. Program qurban ini merupakan qurban keluarga besa STKIP Rokania  yang merupakan hadiah qurban setiap tahunnya yang diberikan kepada dosen dan karyawan. Program hadiah qurban ini diberikan STKIP Rokania kepada karyawan dan dosen agar semua karyawan dan dosen STKIP Rokania mendapat jatah berqurban. “Daging-daging tersebut dibagikan kepada para dosen dan tetangga yang berada disekitar lingkungan kampus” terang Amrizal sebagai ketua qurban. Meskipun tahun ini jumlah qurban belum mengalami peningkatan, namun Kesadaran karyawan dan dosen akan berqurban di Hari Raya Iduladha rupanya kian meningkat. Ini dibuktikan dengan dibuatnya semacam arisan yang khusus ditujukan untuk qurban. Beberapa dosen mengumpulkan uang dalam jumlah yang sudah ditetapkan, lalu kemudian diundi. Bagi peserta arisan yang namanya keluar, berhak menerima uang untuk dibelikan hewan qurban.

Dr. Desmelati, ketua STKIP Rokania menerangkan bahwa “Regulasi untuk mensosialisasikan qurban kepada dosen, biasanya setelah selesai qurban, tim yang terdiri dari beberapa dosen yang sengaja ditunjuk STKIP Rokania akan mendata masing-masing dosen-dosen dari setiap program studi dan karyawan untuk ikut berqurban tahun depan. Animo dari para dosen sangat baik, para dosen antusias untuk ikut berqurban, mudah-mudahan tahun depan semakin banyak hewan qurban yang bisa kita potong di sini”.

Ketua STKIP Rokania, Dr. Desmelati menerangkan pula bahwa pentingnya berqurban untuk meningkatkan rasa saling berbagi kepada sesama insan manusia agar silaturahim selalu tumbuh subur dan terjaga. Bukan hanya itu lanjutnya, “ Daging-daging qurban ini juga akan dibagikan juga kepada fakir miskin yang berdomisili di sekitar kampus. Pemotongan dan pembagian hewan Qurban adalah sebagai perintah agama, di samping itu sebagai wujud peningkatan tali silaturrahim antar civitas akademika dan masyarakat serta sebagai bentuk kepedulian  STKIP Rokania dengan masyarakat sekitar lingkungan kampus. Disisi lain, agenda ini adalah media untuk menyelami kembali makna rela berkorban dengan apa yang kita miliki, karena semua yang kita miliki hakikatnya adalah milik Allah” jelasnya.

Pembagian hewan Qurban dilaksanakan seusai sholat zuhur. Ketua STKIP Rokania beserta karyawan dan dosen langsung menyerahkan daging qurban kepada masyarakat yang berada di sekitar lingkungan kampus. Kegiatan ini ditutup dengan doa bersama seluruh civitas akademika dan warga sekitar kampus yang terlibat langsung dalam kegiatan qurban ini. (BR)

Bagikan :